Rabu, 07 Desember 2016

Zephyr : An RTOS


Halo kali ini saya akan membahas sebuah video dari YouTube yang membahas sebuah RTOS yang bernama Zephyr. Videonya dapat dilihat di Sini atau diatas. Video ini berjudul : "Zephyr™ Project: An RTOS to Change the Face of IoT by Anas Nashif" dengan durasi 52:55 video ini diunggah oleh akun YouTube Linux Foundation Events. Video ini berisikan rekaman dari Embedded Linux Conference yang diadakan pada bulan April tanggal 4-6 tahun 2016 di California.

Zephyr adalah sebuah OS untuk microcontroller, yang memiliki memory footprint yang rendah. Zephyr dapat berjalan diberbagai macam jenis architectures seperti ARM, IA32 dan lain-lain. Zephyr bersifat open source dibawah Apache 2.0 Lincese dan didukung oleh Linux Foundation.
Zephyr dibuat karena OS dan RTOS pada market yang ada sekarang ini mengalami kejenuhan didalamnya. Banyak OS hanya dalam bentuk research, sehingga sulit untuk memakainya dan sering kali OS tersebut tidak open source. Selain itu perkembangan IoT didunia sudah mulai pesat, sehingga dibutuhkan OS untuk mendukungnya. Serangan terhadap perangkat IoT juga menjadi alasan mengapa Zephyr dibangun.

Zephyr akan dibangun dengan memikirkan komunitas sebagai faktor penting didalamnya, dan akan berfokus untuk mendukung standart industri. Zephyr dibuat secara innovative dan forwad looking secara design, dan yang paling penting Zephyr dibuat secara open source sehingga ide kita sangat berarti bagi Zephyr.

Bagi saya video tersebut sangat menarik untuk disimak, karena saya yang baru belakangan ini kenal dengan dunia mikrokontroller, tertarik untuk mencoba menggunakan Zephyr. Bisa dirasakan sendiri ketika mencoba membuat suatu program pada mikrokontroller sebut saja Arduino, sulit rasanya ingin berkomunikasi dengan device-device yang ada, terutama bagi orang awam. Konfigurasi USART dan mencoba konektivitas sendiri pada sebuah mikrokontroller, bukan hal yang mudah, namun harapannya dengan Zephyr ini hal-hal tersebut menjadi trivial jika dibandingan dikerjakan sendiri. Hal-hal tersebutlah yang membuat Video ini menjadi menarik untuk disimak.

GitHub account : https://github.com/harunakaze/
URL ulasan : http://harunakaze.blogspot.co.id/2016/12/zephyr-rtos.html
URL video : https://www.youtube.com/watch?v=fkfhWVOO8-w
Durasi video : 52:55
Revisi pertama : 07 December 2016
Revisi terakhir : 07 December 2016

Tidak ada komentar: